Macam-Macam Bahan Sepatu dan Outsole

22.49 Unknown 0 Comments

Image result for Macam-Macam Bahan Sepatu dan Outsole

JENIS BAHAN KULIT / LEATHER
Kulit / leather dapat datang dari kulit binatang seperti buaya, ular, atau sapi serta dipakai jadi bahan material sepatu untuk wanita atau pria. Orisinal leather jadi pilihan yang cocok sebab tawarkan kenyamanan serta ketahanan. Orisinal leather punya kutub yang tinggi hingga pas dipakai dimusim hujan atau musim panas serta musim salju.

SUEDE
Tipe kulit Suede ialah tipe bahan kulit yang diolah dengan terbalik, yakni disamak dari sisi dalam kulit. Kulit Suede punya struktur yang lebih lembut. sepatu safety kulit yang memakai bahan kulit suede berkesan lebih enjoy serta tidak resmi / kasual.

BUK / NUBUCK
Tipe bahan kulit Buk / Nubuck kelihatan sama juga dengan tipe kulit Suede. Perbedaanya ialah pada proses pembuatanya. Tidak seperti kulit Suede, tipe kulit Nubuck tidak dibikin dari sisi dalam kulit binatang. Tetapi dibikin dari sisi luar kulit binatang. Tetapi permukaannya dihaluskan memakai permukaan yang kasar, hingga membuahkan permukaan kulit yang halus sama dengan tipe kulit Suede.

BRUSH-OFF
Bahan sepatu kulit ini memilki kualitas permukaan halus serta mengkilat. Kelebihan lain berbahan sepatu ini gampang dibikin bersih. Tipe kulit Patent Leather ialah tipe kulit yang diolah dengan dilapis bahan protektif seperti acrylic. Hingga membuahkan tipe kulit yang benar-benar mengkilap, berwarnana jelas, serta licin. Umumnya tipe kulit ini dipakai untuk sepatu resmi.

FULL GRAIN
Tipe bahan kulit yang diolah dengan utuh tanpa ada mengubah atau melakukan modifikasi susunan permukaan kulit bawaanya. Hingga motif permukaan pori-pori kulit (grain) masih kelihatan alami atau alami, hingga struktur kulit binatang masih kelihatan cukup jelas. Bahan kulit ini seringkali di untuk buat mabel, tas, jaket dan sepatu.

PULL-UP
Tipe kulit Pull-Up ialah proses pemrosesan kelanjutan dari tipe kulit Finis Leather. Pada tipe kulit pull-up, kulit yang sudah usai diolah jadi finis leather selanjutnya ditarik melar hingga didapat kulit yang lebih tipis.

JENIS BAHAN SINTETIS / SYNTHETIC
Bahan sintetis merupabah bahan kulit bikinan. Tipe bahan ini adalah kombinasi berbahan kimia yang punya banyak variasi struktur.

BLUDRU
Kain halus serta lembut dibuat berbahan sintetis yang bertumpukan dengan serat yang lain seperti katun, nilon, polyester. Seperti seperti bahan boneka.

CANVAS
Tipe bahan ini gampang dicuci atau dibikin bersih cukup dengan di lap memakai kain. Tipe bahan kanvas berasal berbahan turunan hemp serta saat ini sudah terdiri atas bahan katun flax yang membuat bahan ini jadi lebih bertahan lama. Satu diantara merek sepatu yang memakai tipe bahan canvas ialah sepatu converse.

DENIM
Denim yang kita mengenal ialah bahan untuk bikin baju ya kawan kawanori.. tetapi saat ini banyak loh sepatu-sepatu yang memiliki bahan denim, seperti sepatu dari giant flames, trumph atau moofeat. Bahan tipe denim ini termasuk cukuplah kuat loh kawan kawanori.. Denim datang dari eropa serta pertama-tama ada seputar era ke 18 serta berkembang sampai sekarang mmenjadi bahan penting untuk fashion.

NYLON
Nylon ialah tipe bahan sintetis yang biasa dipakai untuk bahan running shoes. Bahan nylon mulai ditingkatkan pada tahun 1930. Nylon adalah bahan yang pas dipakai untuk sisi luar running shoes sebab ciri-khasnya yang tipis atau mudah punya rongga untuk perputaran udara yang baik. Nylon jadi bahan yang baik sebab memberi ruangan yang cukup untuk bernafas yang benar-benar diperlukan beberapa olahragawan dengan pergerakan-pergerakan yang tinggi sekali.

MACAM-MACAM BAHAN OUTSOLE / BAHAN SOL
RUBBER SOLE
Rubber sole atau yang biasa kita ucap sole karet ini seringkali di pakai untuk sepatu safety atau sepatu lapangan, sole memiliki bahan rubber ini tidak ada expirednya (kadaluwarsa), rubber sole ini tidak hanya kuat serta lentur, sole ini dapat juga kita lebih jahitan di samping di lem serta di press. Tetapi ada pula kekurangan dari sole ini yakni lebih berat serta lebih licin.

Kelebihanya: Kuat serta lebih lentur dibandingkan bahan yg lain.

Kekuranganya: Lebih licin dibanding sole bahan lain serta lebih berat.

PU (POLYRETHINE)
Bahan sole pu ( polyrethine ) ialah bahan sole yang anti slip serta mudah dan mudah tahan pada minyak (oil resistant) jika dibandingkan dengan sole memiliki bahan lain , sole pu ini termasuk mahal dan memiliki expired date atau kadaluwarsa , bila telah kadaluwarsa jadi sole memiliki bahan pu ini akan hancur sendiri seperti sepotong roti bila di biarlah dalam tempo yang lama.

Keunggulannya: Tahan pada minyak (oil resistant), ada anti slip & lebih mudah.

Kekurangannya: Memepunyai expired date bila sole lama tidak digunakan maka gampang hancur, serta dapat hancur sendiri seperti satu roti kalau dibiarkan lama, harga tambah mahal dibandingkan sole berbahan lain.

TPR (THERMO PLASTIC RUBBER)
Sole dengan bahan ini ialah kombinasi berbahan plastic serta rubber tetapi sole memiliki bahan ini memiliki kekurangan yakni kurang elastis umumnya sole memiliki bahan ini pas di pakai untuk poduksi sepatu yang tahan air, sebab berbahan memakai kombinasi berbahan plastic serta rubber jadi sole memiliki bahan ini tidak licin.

Kelebihan: Mudah, lebih keset bila digunakan tempat yang ada air.

Kekurangan: Kurang elastis.

PVC (POLYVINYL CHLORIDE)
Dibuat dari makin banyak bahan plastik serta sedikit karet.

Kelebihan: Sole lebih mudah & keras.

Kekurangan: Licin serta kurang elastis.

SPONGE OUTSOLE
Sole dengan bahan ini umumnya dipakai untuk sandal enjoy memiliki bahan sepon.

0 komentar: